Rabu, 11 September 2013

Belajar Membuat Logo 3D Di Photoshop

Belajar membuat logo 3D di photoshop, tutorial ini saya pelajari dari Deviantart. Kali ini saya akan menerangkan sedikit cara-cara membuat Symbol 3D Logo. Disiini saya akan menggunakan Symbol logo dari Custom Shape Tool salah satu tool yang terdapat di photoshop untuk mencoba anda juga bisa menggunakan huruf-huruf ( typhography ).

Hasil Akhir

Belajar Membuat Logo 3D Di Photoshop

Berikut langkah-langkahnya;
Langkah 1
Buka adobe photoshop. disini saya gunakan Adobe Photoshop cs3. pastikan computer anda sudah terinstall Adobe photoshop. buka halaman baru ( File => New ) kemudian pilih ukuran gambar yang sesuai dengan yang anda inginkan. Pilih Custom Shape Tool ( U ) untuk membuat gambar yang akan anda rubah menjadi Logo 3D. atur ukuran dan warna sesuai dengan yang anda inginkan. disini saya memakai shape Crown 2.

Belajar Membuat Logo 3D Di Photoshop

Belajar Membuat Logo 3D Di Photoshop

Langkah 2
Selanjtnya click kanan pada Layer Custom Shape Tool ( seperti Gambar ) kemudian click Rezterize Layer ( untuk merubah mode Shape ke Mode Gambar ) kemudian saya mengganti nama layer terebut dengan dengan nama LOGO. kemudian pilih Move tool  ( tool paling atas pada sisi kiri photoshop ).

Belajar Membuat Logo 3D Di Photoshop

Kemudian dengan Move Tool kita rubah kemiringan gambar yang sudah dimiliki dengan cara tekan Ctrl + T di keyboard, klik kanan pilih Skew atur kotak kecil sehingga terlihat seperti gambar dibawah ini;

Belajar Membuat Logo 3D Di Photoshop

Langkah 3
Pilih lagi layer Logo, sambil menekan ( Alt ) tekan tombol bawah ( tanda panah bawah pada keyboard ) untuk menduplikasi layer logo, tekanlah beberapa kali sampai layer tercopy beberapa kali dan kelihatan memiliki ketebelan kebawah. sehingga akan muncul Layer Logo Copy – Layer Logo copy 10.

Belajar Membuat Logo 3D Di Photoshop

Selanjutnya pilih layer logo copy, dan tekan Shift dan tahan sambil pilih Layer Logo copy 10. sehingga layer logo copy – layer logo copy 10 terpilih semua. kemudian klik kanan pada salah satu layer yang sudah di blok, dan pilih Merge Layer ( untuk menyatukan layer logo copy sampai layer logo copy 10 ). sehingga akhirnya jadi 2 layer ( logo & logo copy 10 ). kemudian pindahkan layer logo copy 10 supaya menjadi di bawah layer logo.

Langkah 4
Selanjutnya pilih Burn Tool (O) kemudian rubah ukuran brush menjadi 250 ( atur sesuai kebutuhan ) dan piling Range : highlights dan Exposure : 100%. kemudian lakukan Burning pada layer Logo Copy 10. gunakan imajinasi anda untuk memilih bagian gelap terangnya dan menentukan dari arah mana datangnya cahaya, sehingga kelihatan gelap terangnya. untuk membuat bagian terangnya lakukan burning sambil menekan ( Alt ) pada keyboard. lakukan juga burning pada layer logo, sesuai dengan imajinasi anda.

Belajar Membuat Logo 3D Di Photoshop

Langkah 5
Dengan tambahan sedikit imajinasi anda, anda bisa mengembangkan teknik pencahayaan sesuai dengan yang anda inginkan. sedikit sentuhan akhir, kita akan memberikan evek cahaya berkilau, pilih Filter => Render => Lens Flare. letakkan kilauan cahaya sesuai dengan yang anda inginkan, pilih lens type 50-300mm atau anda bisa mencoba coba pilihan yang lain. lakukan teknik Lens Flare pada kedua layer.

Belajar Membuat Logo 3D Di Photoshop

Sehingga hasil akhirnya kira kira seperti dibawah.

Belajar Membuat Logo 3D Di Photoshop

Semoga tutorial ini berguna. Walaupun hasilnya tidak benar benar 3D tapi setidaknya Logo yang anda ciptakan bisa kelihatan lebih berdimensi. Dengan kreativitas yang anda miliki, trik trik dasar diatas akan dapat anda kembangkan menjadi lebih sempurna. Dengan sering sering latihan.. segala sesuatunya pasti bisa terjadi.

Sekian dan terima kasih
Salam PLUR


4 komentar:

Social Media

Join on this site Personal Blogs
blogs
Widget by : andi fiqran
Photoshop Manipulasi Koleksi Tas Dan Souvenir Minasa Upa - by andi fiqran | Copyright of Tutorial Photoshop : Manipulasi Foto / Tips Dan Trik.