Kamis, 18 Juli 2013

Cara Membuat Efek Tulisan Air Di Photoshop

Teks Efek Air
Pada tutorial Photoshop kali ini kita akan belajar cara membuat sebuah efek teks atau tulisan yang seolah terbuat kumpulan tetesan air. Efek ini adalah efek yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, jadi jika belum membacanya, silahkan dibaca dulu cara pembuatan efek ini di sini. Pada tutorial yang ini, kita hanya akan membahas tentang pembuatan bentuk tulisannya saja.


Langkah-langkah membuat efek tulisan air;

Langkah 1
Buatlah sebuah file baru, atau buka file yang sudah ada (yang akan Anda beri efek teks ini). Pada contoh kali ini, saya menggunakan sebuah gambar daun pisang, yang saya dapat dari kumpulan gambar wallpaper.

Gambar Daun Pisang

Langkah 2
Buatlah sebuah layer baru, dengan cara mengklik icon Create New Layer dipalet Layer.

Layer 1 Photoshop

Isi layer tadi dengan warna putih

Langkah 3
Buatlah sebuah tulisan yang berwarna hitam. Ukuran dan jenis huruf bisa disesuaikan sendiri dengan kebutuhan Anda. Pada tutorial ini, saya menggunakan jenis huruf / font Tempus Sans ITC. Gunakan font sesuai selera Anda, namun mungkin akan lebih bagus jika jenis huruf yang digunakan bukan huruf-huruf yang formal.

Teks Basah Mami

Langkah 4
Gabung layer tulisan dengan Layer 1 ( layer yang berwarna putih tadi ) dengan cara mengaktifkan layer tulisan kemudian memilih menu layer => Marge Down. Yang layer Backround ( yang isinya gambar yang di buka tadi, dalam tutorial ini adalah gambar daun pisang tadi ) Jangan Ikut Di Gabung.

Langkah 5
Pada layer yang sudah di gabung tadi, berikan efek Crystallize. Lakukan ini dengan cara memilih menu Filter => Pixelate => Crystallize. Pada pengaturan Cell size, aturlah secukupnya hingga gambarnya seperti dibawah ini. Pada tutorial photoshop ini, saya beri pengaturan sebanyak 6.

Crystallize Photoshop

Tujuan langkah ini adalah agar pinggiran dari tulisan menjadi tidak rata secara agak berlebihan, hingga ada pada bagian tulisan yang mengecil bahkan terpotong.

Langkah 6
Langkah berikutnya adalah membuat gambar tersebut agak kabur, tujuannya untuk membuat tepian yang tidak rata tersebut menjadi agak buram dan kabur. Lakukan ini dengan cara memilih menu Filter => Blur => Gaussian Blur. Pada tutorial ini, saya isikan 3,5 pixel pada nilai pengaturan Radius.

Gaussian Blur

Langkah 7
Sekarang pilih Menu Image => Adjusment => Levels. Buatlah agar gambar yang sudah di kaburkan tadi semakin kontras. Buatlah seperti gambar di bawah ini. Dekatkan titik segi tiga shadow dengan highlight.

Levels Photoshop

Langkah 8
Aktifkan palet channel (palet ini bisa diklik langsung namanya di dekat palet Layer, atau dengan memilih menu Window => Channel). Pada palet ini, klik icon Load Channel as Selection.

Load Channel as selection

Langkah 9
Kembali lagi pada palet layer (Window => Layer). Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus warna putih pada layer yang sudah berisi tulisan tadi. Yang terhapus hanyalah bagian putihya saja, sesuai dengan bentuk seleksi pada Langkah ke-8 tadi.

Seleksi Teks

Setelah ini, hilangkan seleksinya dengan memilih Menu => Select => Deselect.

Langkah 10
Atur bentuk tulisan ini, agar lebih sesuai dengan kondisi gambar background. Pada tutorial ini saya mengubah ukurannya dengan Edit => Free Transform, dan menggunakan fasilitas Warp Mode.

Transform Warp

Langkah 11
** Update :
Jika Anda hanya bisa mengikuti tutorial ini hingga hingga langkah ke-10, mohon untuk membaca keseluruhan tutorial ini dengan lebih teliti lagi sejak paragraf pertama.

Sekarang terapkan Style tetesan air yang sudah kita punyai. Jika ingin menambah beberapa bentuk tetesan lagi, pilihlah Brush tool, kemudian sapukan beberapa lingkaran kecil pada layer tulisan ini. Secara otomatis, style tetesan air akan langsung ikut diterapkan juga.

Berikut ini gambar tutorial Efek Tulisan Air yang sudah jadi.

Teks Air Basah Mami

Selamat Mencoba.......
Sekian dan Terima Kasih
Salam PLUR


12 komentar:

  1. Saya juga punya artikel serupa tapi saya aplikasikan di gimp... Saya berterima kasih kepada blog ini, karena saya jadikan referensi untuk membuat efek tersebut di gimp...

    Desainew


    Salam blogger...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah Mas mau aplikasikan dimana yang penting kita ikhlas untuk berbagi.
      Terima kasih juga Mas sudah berkunjung diblog saya ini!

      Salam blogger,

      Hapus
  2. Balasan
    1. siapkan teks dan gambar anda, layer gambar harus aktif trus klik pada thumnail layer teks sambil menekan Ctrl di keyboard sehingga layer teks terseleksi. nah dengan layer gambar terpilih tekan tombol add vektor mask di palet bawah layer.

      Hapus
  3. Salam kenal!!
    Info postingan tutorial yang sangat keren!!

    Kami menyediakan buku berjudul, "Kumpulan Teknik-Teknik" Wow" Dari Photoshop+cd". dapatkan bukunya hanya di : www.honbookstore.com

    http://www.honbookstore.com/2013/09/kumpulan-teknik-teknik-wow-dari.html

    Silahkan kunjungi dan pilih2 buku berkualitas tentang desain kaos distro lainnya di : www.honbookstore.com
    Dapatkan diskon gede2an hingga 15%. :D

    Jangan lupa silahkan tinggalkan jejak alias komen di : Hon Book Store :)

    BalasHapus
  4. Tong Mangkasara ki? Basah Mami?? --"

    BalasHapus
  5. Terima kasih informasinya mengenai cara membuat efek diphotoshop sangat berguna sekali khususnya untuk yang baru mencoba photoshop :)

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Nice blog bro !

    Tutorial Photoshop teks efek Gold
    juga cocok untuk pemula guys

    berikut linknya :

    www.caratutorialphotoshopteksefek.blogspot.com

    semuga bermanfaat guys
    Thank you !

    BalasHapus
  8. Nice blog bro !

    Tutorial Photoshop teks efek Gold
    juga cocok untuk pemula guys

    berikut linknya :

    www.caratutorialphotoshopteksefek.blogspot.com

    semuga bermanfaat guys
    Thank you !

    BalasHapus

Social Media

Join on this site Personal Blogs
blogs
Widget by : andi fiqran
Photoshop Manipulasi Koleksi Tas Dan Souvenir Minasa Upa - by andi fiqran | Copyright of Tutorial Photoshop : Manipulasi Foto / Tips Dan Trik.