Selasa, 02 Juli 2013

Cara Membuat Efek Cinema Pada Foto

Di artikel kali ini saya akan membuat tutorial bagaimana cara membuat Efek Cinema pada Foto dengan menggunakan Photoshop. Kebetulan Photoshop yang saya gunakan kali ini adalah Photoshop CS3. Berikut adalah hasil penampakan-nya.


Sebelum


Sesudah

Disini saya menemukan sebuah gambar sepertinya ini adalah foto boy band hehe.. Kalian juga bisa menggunakan foto koleksi sendiri. Ok ces kita langsung saja.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat efek cinema pada foto :
Langkah pertama pilihlah gambar yang akan anda edit, kemudian bukalah dengan Photoshop. Setelah tampildi jendela Photoshop, lakukanlah duplicate layer Background foto tersebut dengan cara klik kanan layer pada foto dan pilih Duplicate Layer, seperti gambar berikut.



Disini saya ganti tulisan Background Copy dengan Layer 1, kemudian klik OK. Lihatlah pada jendela Layers photoshop anda akan muncul satu layer yang sudah kita duplicate dari background.


Langkah berikutnya adalah sebelum melakukan langkah ini, pastikan Layer 1 yang anda pilih pada jendela layers. Kemudian pada Menu, klik Image -> Adjustment -> Hue/Saturation. Maka akan muncul jendela baru di area kerja photoshop, set besar saturation sesuai dengan imajinasi anda, disini saya menggunakan nilai -25 kemudian klik Ok.


Selanjutnya masih pada posisi di Layer 1, arahkan kursor anda ke tab Image yang berada disisi atas photosop pilih Adjustment -> Exposure. Pada jendela Exposure, set nilai Exposure sesuai imajinasi anda disini saya menggunakan nilai Exposure = +1.00, Offset = -0.0500, dan Gamma Correction sebesar = 0.75. Kemudian klik Ok.


Langkah selanjutnya, duplicate lagi Layer 1, lakukan dengan cara seperti yang sudah dijelaskan pada langkah pertama, sehingga menciptakan sebuah layer baru bernama Layer 1 copy pada jendela Layers anda.


Pilih Layer 1 copy seperti gambar di atas, kemudian pada Menu, pilih Filter -> Blur -> Lens Blur. Pada Jendela Lens Blur, set nilai Radius seperti pada gambar dibawah ini, langkah ini dilakukan untuk memberikan kesan blur yang secukupnya pada gambar. Aturlah Radius Blur sesuai dengan imajinasi anda.


Selanjutnya Pilih layer 1 copy dan klik pada ikon Add Layer Mask, klik pada kotak putih di Layer 1 copy, kemudian pilih Brush Tool atau teken tombol (B) atur nilai hardness pada brush sebesar 20 %, untuk besar brush, sesuaikan dengan gambar anda. fokuskan pada gambar kemudian klik bagian foto mana yang  akan anda hilangkan blurnya. Maka tampilan layers akan terlihat seperti di bawah.



Kemudian gabungkan Layer 1 dengan Layer 1 copy dengan cara meneken tombol shift pada keyboard kemudian pilih Layer 1 dan Layer 1 copy kemudian teken Ctrl + E (Merge Layers).



Pada Layer 1 copy (hasil penggabungan dua layer), pada Menu pilih Image -> Adjustment -> Color Balance, pada jendela Color Balance, centang tanda pada shadow kemudian set nilai cyan = -50 dan blue =+50, klik OK.


Langkah terakhir, berikan kesan "Cinema" dengan batas garis hitam di atas dan di bawah gambar dengan
menggunakan Rectangle Tool atau dengan meneken tombol (U) pada keyboard.

Dan seperti inilah hasil akhirnya ;


Selamat mencoba ces, semoga tutorial singkat cara membuat efek cinema pada foto ini bisa bermanfaat.
Sekian dan terima kasih..

2 komentar:

  1. Saya juga pernah bikin artikel tentang tutorial cinematic photography berbagai effect. mungkin bisa kasih saran masukan pada artikel saya tersebut. thanks mas admin.

    BalasHapus
  2. thanks masbro infonya, bergunaa banget buat belajar dan latihan photshop


    http://mhafizhadinugroho.student.ipb.ac.id

    BalasHapus

Social Media

Join on this site Personal Blogs
blogs
Widget by : andi fiqran
Photoshop Manipulasi Koleksi Tas Dan Souvenir Minasa Upa - by andi fiqran | Copyright of Tutorial Photoshop : Manipulasi Foto / Tips Dan Trik.