Rabu, 21 Agustus 2013

Cara Membuat Foto Menjadi Relief Emas Atau Perak Dengan Photoshop

Ketika melihat benda-benda bersejarah, khususnya relief, kita kan tertarik bagaimana relief itu terbentuk atau dibentuk. Jika ingin membuatnya sendiri, tentu dibutuhkan ketelatenan dan beberapa peralatan tambahan berupa palu, paku, atau benda tajam lainnya. Namun pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial membuat relief dari peralatan yang berbeda, yaitu : Mouse dan Adobe Photoshop!

Hasil Akhir

Cara Membuat Foto Menjadi Relief Emas Atau Perak Dengan Photoshop

Berikut langkah-langkahnya;
Langkah 1
Buka foto yang ingin Anda jadikan relief. Foto ini boleh apa saja, namun kali ini saya membuatnya dari foto seekor CAPUNG.

Gambar Capung

Langkah 2
Buka “Channel” yang berada di sebelah “Layer” seperti gambar di bawah ini;

Layer Channels

Langkah 3
Buatlah Channel baru dengan memilih “Create new channel” yang berada di pojok bawah (sebelah Trash). Akan muncul “Alpha 1″ yang masih blank.

Create New Channels

Langkah 4
Copy gambar yang berada pada background dengan Ctrl + C, kemudian paste ke “Alpha 1″ yang masih blank tersebut sehingga berisikan gambar kupu-kupu yang sama namun hitam-putih seperti gambar di bawah ini;

Channels Alpha 1

Langkah 5
Setelah itu, kembali ke “Layer” untuk segera membuat relief karena kita sudah sampai mendekati langkah akhir. Buatlah layer baru dengan warna kuning yang diblok menggunakan Paint Bucket seperti gambar di bawah ini. Anda juga bisa menggantinya dengan warna lain seperti abu-abu, cokelat, biru dan lain-lain bergantung material yang diinginkan untuk relief.

Layer 1

Langkah 6
Pada layer yang berwarna kuning tersebut kita akan membuat relienya. Caranya masuk ke Filter => Render => Lighting effects.

Lighting Effects

Akan muncul tampilan sebagai berikut. Untuk membuat reliefnya akan ada beberapa opsi yang bisa Anda atur misalkan tipe cahaya (Light type) dan menentukan arah serta kekuatan cahayanya. Karena banyaknya opsi disini, saya tidak akan membahasnya satu per satu karena hasilnya akan berbeda bergantung foto yang Anda gunakan. Anda hanya perlu bereksperimen hingga menemukan settingan yang paling Anda rasa tepat. Jangan lupa untuk mengganti “Texture Channel” ke “Alpha 1″. Hal ini harus dilakukan agar cahaya mempunyai patokan.

Lighting Effects Alpha 1

Nah, sekarang relief yang Anda buat sudah selesai. Selamat bereksperimen dan terima kasih telah menyimak tutorial singkat dari saya.

Cara Membuat Foto Menjadi Relief Emas Atau Perak Dengan Photoshop

Perkaya wawasan anda dengan mempraktekkan semua ilmu yang didapat di blog ini!
Sekian dan terima kasih


2 komentar:

Social Media

Join on this site Personal Blogs
blogs
Widget by : andi fiqran
Photoshop Manipulasi Koleksi Tas Dan Souvenir Minasa Upa - by andi fiqran | Copyright of Tutorial Photoshop : Manipulasi Foto / Tips Dan Trik.