Rabu, 28 Agustus 2013

Cara Membuat Desain Stempel Dengan Photoshop

Tutorial Photoshop kali ini saya akan mencoba membuat gambar stempel berbentuk lingkaran dengan Photoshop. Kenapa memakai Photoshop? Bukankah lebih baik jika menggunakan Corel Draw? Ya, benar sekali. Memang sebenarnya untuk membuat stempel alangkah lebih baiknya jika dikerjakan menggunakan software pengolah gambar berbasis vektor seperti Corel Draw dan lain sebagainya. Lalu kenapa kali ini saya mencoba membuatnya menggunakan Photoshop yang pada dasarnya adalah software pengolah gambar berbasis bitmap?

Tutorial Photoshop cara membuat desain stempel ini saya buat sebagai alternatif saja bagi anda yang belum bisa menggunakan Corel Draw ataupun software pengolah gambar vektor lainnya, namun disisi lain anda cukup menguasai Photoshop. Berikut ini tutorial Photoshop cara membuat desain stempel.

Hasil Akhir

Cara Membuat Desain Stempel Dengan Photoshop

Berikut langkah-langkahnya;
Langkah 1
Buka program Photoshop Anda, lalu buat lembar kerja baru. Klik File => New ukuran 400px X 400px Background Contens pilih Transparent => OK. Buat satu titik kecil ditengah-tengah dengan warna hitam menggunakan Brush Tool.

Cara Membuat Desain Stempel Dengan Photoshop

Langkah 2
Buat layer baru di atasnya. Klik menu Layer => New => Layer… Buat lingkaran dengan menggunakan Elliptical Marquee Tool. Tekan Shift pada keyboard untuk mendapatkan bentuk lingkaran yang sempurna. Klik kanan => pilih Transform Selection. Pastikan titik tengahnya tepat pada titik hitam yang telah kita buat tadi dengan cara menekan tombol arah pada keyboard, geser hingga titik tengah pada transform selectionnya tepat di tengah-tengah titik hitam. Kalo sudah pas tekan Enter.

Cara Membuat Desain Stempel Dengan Photoshop

Lalu Beri warna putih dengan menggunakan Paint Bucket Tool. Selanjutnya klik menu Layer => Layer Style => Stroke… masukkan nilai 3px pada size. Untuk color ganti dengan warna hitam. Klik OK. Tekan Ctrl + D pada keyboard untuk menonaktifkan Elliptical Marquee Tool. Ubah blending modenya menjadi Overlay supaya titik hitamnya (sebagai patokkan/titik tengah) kelihatan.

Cara Membuat Desain Stempel Dengan Photoshop

Langkah 3
Buat layer baru lagi di atasnya (di atas layer 2). Klik menu Layer => New => Layer… buat lingkaran lagi yang lebih kecil dari lingkaran yang pertama. Caran-nya sama dengan langkah 2. Jika sudah maka hasilnya akan seperti gambar berikut;

Cara Membuat Desain Stempel Dengan Photoshop

Langkah 4
Sekarang kita membuat lingkaran lagi tapi dengan teknik path. Teknik ini digunakan untuk membuat teks supaya melingkar/mengikuti pada lingkaran/path yang telah kita buat. Caranya buat layer baru lagi, aktifkan Ellipse Tool pada option bar pilih tanda path. Selanjutnya buat lingkaran sedikit lebih besar dari lingkaran yang berada di dalam. Tekan shift untuk mendapatkan bulat sempurna. Untuk mempermudah membuat lingkaran supaya tepat berada di tengah-tengah klik kanan => pilih Free Transform Path. Sambil menyesuaikan bentuk lingkaran tekan shift pada keyboard agar lingkaran tetap bulat. Dan pastikan titik tengahnya berada tepat pada titik hitam.

Cara Membuat Desain Stempel Dengan Photoshop

Langkah 5
Buat layer baru lagi di atasnya. Sekarang kita akan membuat teks mengikuti lingkaran path yang telah kita buat. Caranya klik Horizontal Type Tool kemudian dekatkan cursor pada lingkaran path hingga muncul tanda garis bengkok. Selanjutnya klik dan tulis kata-kata yang diinginkan namun hanya sampai setengah lingkaran saja . Jangan lupa gunakan font dan ukuran yang pas serta teks sesuai selera anda, font yang saya gunakan Segoe UI ukuran teksnya 35 dan saya beri ketebalan (Bold).

Gunakan Path Selection Tool untuk menggeser posisi teks. Caranya dekatkan cursor pada lingkaran kecil pada path hingga ada tanda panah ke atas, kemudian geser pada posisi yang di inginkan. Selanjutnya dekatkan cursor pada teks hingga muncul tanda panah ke bawah, kemudian tarik/geser.

Cara Membuat Desain Stempel Dengan Photoshop

Langkah 6
Buat layer baru. Buat dua tanda pemisahnya. (ingat setiap saat anda memulai membuat design usahakan selalu membuat pada layer baru) Terserah anda mau dikasih tanda pemisahnya apa, kalau saya pakai Shape bintang saja. Caranya klik Shape tool selanjutnya cari gambar yang berbentuk bintang kalau tidak ada gunakan saja yang lain. Tekan Ctrl + T pada keyboard untuk memutar Shape bintang supaya ada sedikit variasi-nya.

Cara Membuat Desain Stempel Dengan Photoshop

Langkah 7
Buat layer baru lagi. Buat lingkaran path seperti pada langkah 4 namun lebih besar. Buat lingkaran Path sejajar dengan bagian atas teks.

Cara Membuat Desain Stempel Dengan Photoshop

Langkah 8
Ulangi langkah 5 bedanya cuma pada tulisannya saja, jadinya seperti berikut;

Cara Membuat Desain Stempel Dengan Photoshop

Langkah 9
Buat layer baru. Buat garis di tengah lingkaran dengan rectangle tool. Klik Rectangle Tool kemudian pada option bar pilih/aktifkan tanda path. Selanjutnya bikin kotak seperti gambar berikut ini.

Cara Membuat Desain Stempel Dengan Photoshop

Langkah 10
Selanjutnya klik Brush Tool pilih brush berbentuk lingkaran yang tebal (hardness 100%) ubah sizenya menjadi 3px. Jika sudah, kembali lagi aktifkan Rectangle Tool => klik kanan pilih Stroke Path… akan muncul dialog Stroke Path ubah toolnya menjadi Brush => hilangkan tanda cek/centang pada Simulate Pressurenya => klik OK. Setelah itu klik menu Layer => Layer Style => Stroke… ubah nilai sizenya menjadi 1px => Colornya hitam => OK.

Cara Membuat Desain Stempel Dengan Photoshop

Langkah 11
Klik Pen Tool (P) => klik kanan => pilih Delete Path (untuk menghilangkan garis path). Aktifkan Erase Tool, hapus bagian yang tidak diinginkan.

Cara Membuat Desain Stempel Dengan Photoshop

Langkah Akhir
Buat teks “PLUR atau sesuai selera” menggunakan Horizontal Type Tool tempatkan pada posisi seperti tampak pada gambar berikut. Ukuran dan font-nya disesuaikan selera anda sendiri saja, yang penting pas.

Cara Membuat Desain Stempel Dengan Photoshop

Sampai di sini dulu tutorial photoshop cara membuat desain stempel dengan Photoshop. Untuk menyempurnakannya anda bisa menambahkan teks di bagian yang masih kosong, atau pun menambahkan logo, gambar dan lain sebagainya. Untuk menghilangkan titik hitam di tengah anda tinggal menghilangkan tanda mata yang ada pada layer 1.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..
Sekian terima kasih


8 komentar:

  1. Keren bangetz mas, tapi kalau buat tulisan yang bentuknya seolah-olah kayak stampel pakai photoshop gimana caranya ya mas?

    BalasHapus
  2. keren gan, jago desain ya, ajarin ane lah ! :D

    BalasHapus
  3. thanks gan izin coba langsung praktek nice sharing

    BalasHapus
  4. keren juga ya buat stempel pake photoshop
    good job man!

    BalasHapus
  5. walaopun mumet-mumet dikit,,,dijalanin dan blajar terus ahirnya jd jg,,tankiyu gan sangat bermanpaat banget,,

    BalasHapus
  6. Makasih tutorialnya,. Bermanfaat sekali ini pas mau buat stampel buat tiket pesawat.

    BalasHapus
  7. makasih artikelnya sangant membantu

    BalasHapus

Google Followers

Social Media

Join on this site Personal Blogs
blogs
Widget by : andi fiqran
Photoshop Manipulasi Koleksi Tas Dan Souvenir Minasa Upa - by andi fiqran | Copyright of Tutorial Photoshop : Manipulasi Foto / Tips Dan Trik.