Rabu, 24 Juli 2013

Tutorial Photoshop : Membuat Efek Instagram

Efek Instagram
Disini saya akan berbagi tutorial tentang cara Membuat Efek Instagram dengan Adobe photoshop, bagi pengguna Smartphone Android pasti punya aplikasi Instagram, dengan aplikasi ini foto yang kita ambil menjadi lebih artistik. Trus bagaimana cara membuat efek Instagram di photoshop. Ada dua cara Anda bisa membuat efek ini, pertama dengan Action Instagram dan yang kedua adalah dengan cara Manual. Disini saya memakai cara pertama yaitu dengan Action Instagram, semoga sedikit tutorial ini bisa membantu teman-teman pembaca.

Persiapan ;

1. Adobe Photoshop, kalau belum punya Anda bisa download disini.

2. Download juga Instagram Action yang dibuat oleh Daniel Box disini. ( kalo ada iklan addfly-nya di skip saja ).

Percobaan ;

1. Buka Adobe Photoshop, lalu buka panel Action yang ada dipanel Window => Action ( Alt+F9 ).

Panel Photoshop Action

2. Lalu load action file (*.pat) yang sudah kita download tadi dengan cara klik yang saya tandai merah untuk menampilkan menu, kemudian pilih load actions seperti pada gambar dibawah ini.

Load Actions

3. Kemudian cari file Instagram yang kita download tadi, trus Load.

Efek Instagram

4. Setelah di load maka instagram-actions akan langsung di add ke action photoshop, untuk memperlihatkan isi folder klik tombol yang saya beri tanda warna merah,maka secara otomatis akan keluar berbagai jenis efek yang ada pada instagram.

Instagram Actions

5. Masukkan sebuah gambar untuk menguji efek yang diinginkan,seperti pada gambar saya menggunakan efek Nashville (ditekan efek yang ingin digunakan) kemudian klik tombol play yang ada dibawah frame actions (saya tandai warna merah).

Actions Nashville

6. Disini juga tersedia actions yang dapat digunakan untuk membuat bingkai,caranya tinggal klik saja actions border (ada berbagai macam jenis border yang disediakan,disini saya menggunakan border white) dan tinggal di play.

Action Border White

:: Tips ::

1. Jika teman-teman pembaca ingin mencoba efek yang lain tekan saja undo dengan shortkey alt + ctrl + z (kembali ke saat sebelum pengeditan).

2. Khusus untuk filter sutro, toaster, walden dan xpro tidak dapat diundo hingga ke awal saat sebelum kita memberi filter, sebaiknya gambar yang sudah diedit kita save (format .psd) dulu agar dapat dicoba lagi dengan efek lain..

3. Teman-teman bisa memadukan beberapa filter sekaligus dengan menggabungkan filter-filter yang dipilih, jadi lebih banyak variasi filter.

4. Contoh yang saya ambil misal (Nashville) nashvile memiliki tingkatan 8 filter warna, jadi kita bisa mengundo sampai 8 filter berakhir, jadi misal kita ada di filter 5 kita bisa memadukannya dengan filter lain contoh: sutro.

5. Saat ingin menggabungkan satu filter dengan yang lain ada baiknya kita gunakan tingkatan filter yang rendah misal filter 2 (nashvile) dengan fitler 3 (sutro) agar warna yang dihasilkan tidak gelap.

Disini saya Tampilkan hasil editan saya.

Membuat Efek Instagram

Dengan Efek Toaster

Membuat Efek Instagram

Dengan Efek Nashville

Membuat Efek Instagram

Dengan Efek Early Bird

Ok, sekian dulu Tutorial kali ini,mudah-mudahan berguna buat teman-teman yang membacanya. Sampai jumpa ditutorial selanjutnya Selamat Mencoba & Berkreasi!

Terima Kasih
Salam PLUR


3 komentar:

Social Media

Join on this site Personal Blogs
blogs
Widget by : andi fiqran
Photoshop Manipulasi Koleksi Tas Dan Souvenir Minasa Upa - by andi fiqran | Copyright of Tutorial Photoshop : Manipulasi Foto / Tips Dan Trik.